KADISDIK APRESIASI PENDIDIKAN TERINTEGRASI SDN 8 KAHURIPAN

Jumat, 13 Des 2019 | 15:03:51 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 629


KADISDIK APRESIASI PENDIDIKAN TERINTEGRASI SDN 8 KAHURIPAN
   

dik.purwakartakab.go.id -- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta H. Purwanto antuasias terlibat pada aplikasi pendidikan terintegrasi yang diterapkan di lingkungan SDN 8 Kahuripan Padjajaran. Pada prakteknya, siswa belajar di luar kelas sambil bermain lumpur di area kolam yang terletak tidak jauh dari lingkungan sekolah. 

 

Ditemui langsung di lokasi, Kadisdik Purwanto mengucapkan terimakasih kepada Firda Desriyani, Guru SDN 8 Kahuripan yang secara konkret sudah menerapkan pembelajaran terintegrasi. 

 

“Saya tadi mengamati bahwa dalam proses belajar dan bermain, para siswa ternyata belajar matematika, IPA , PKN dan agama sekaligus. Anak-anak tadi belajar menghitung ikan dalam operasi pengurangan dan penambahan. Belajar gotong royong, tolong menolong, bersyukur dan mensyukuri anugrah Tuhan sangat pencipta alam semesta,” katanya. 

 

Lebih lanjut, dia pun tidak luput menggaris-bawahi bahwa pendidikan terintegrasi yang di-inisiasi Firda juga melibatkan para orang tua siswa yang ikut mengawasi dan menyiapkan ikan di kolam. 

 

“Inilah pembelajaran yang kita harapkan terjadi di sekolah-sekolah. Guru-guru berinteraksi menjabarkan kurikulum secara integratif, aplikatif dan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar. Hal inilah yang disebut sebagai “kemerdekaan belajar” sebagaimana diharapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud.ri) Republik Indonesia, Mas Nadiem Anwar Makarim. Saya bahagia mudah-mudahan guru-guru yang lain bisa melakukan hal yang sama,” pungkasnya. (NC/Red).



Kamis, 15 Agu 2019, 15:03:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1462 View
KADISDIK PURWAKARTA : GURU SENI MAMPU MEMILIKI KEUNGGULAN SCHOOL BRANDING DI BIDANG SENI
Rabu, 31 Jul 2019, 15:03:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 928 View
KADISDIK : SKB HARUS JADI PIONIR KECAKAPAN HIDUP
Jumat, 19 Jul 2019, 15:03:51 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1198 View
GURU SDN DI PURWAKARTA LAHIRKAN SAMPAH PLASTIK MENJADI BBM

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE