Harmonisasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD di Purwakarta

Minggu, 21 Agu 2022 | 09:42:14 WIB - Oleh Nurdin | Dibaca 1069


Harmonisasi Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD di Purwakarta
   

Disdik.purwakartakab.go.id -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta memfasilitasi Training of Trainer (ToT) program Tatanen di Bale Atikan jenjang PAUD, Jum'at - Sabtu (19-20/08), di Prime Plaza.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Purwakarta, H. Purwanto hadir langsung pada kegiatan ini. Dalam paparannya, ia menegaskan bahwa harmonisasi kurikulum 2013 atau kurikulum merdeka dengan kearifan lokal Purwakarta, perlu ditopang oleh kerangka pikir, kerangka ajar, dan kerangka tindak yang terstandar.

"Meski begitu, setiap sekolah tetap perlu menonjolkan ciri khas atau keunikannya masing-masing," katanya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa pendidikan jenjang PAUD merupakan pondasi awal penanaman karakter pada anak-anak. 

"Karena itu, pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila penting untuk mulai diterapkan di jenjang ini. Bentuknya tidak selalu harus berorientasi pada produk, tetapi lebih diarahkan pada penguatan dan pembiasaan. Misalnya, pembiasaan makan dan hidup sehat. Hal ini didasari dengan paradigma pendidikan pada jenjang PAUD yang intinya belajar sambil bermain, cinta literasi dan numerasi. Kemudian untuk memperkuat penanaman karakter pada anak-anak PAUD, semua penyelenggara PAUD diharapkan mengadakan kegiatan parenting secara rutin yang diikuti oleh orang tua/wali peserta didik," ulasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang  Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kab. Purwakarta, Dodi Winandi, S.Pd., MM selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 33 orang yang terdiri dari penilik/pengawas PAUD dan Tim Pengembang PAUD. 

"Output dan outcome dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap kurikulum merdeka yang diintegrasikan dengan kebijakan dan kearifan lokal Purwakarta, yaitu Bunga Lima Karakter Purwakarta Istimewa, terutama Tatanen di Bale Atikan," katanya. (AR/Red)



Kamis, 18 Agu 2022, 09:42:14 WIB Oleh : Nurdin 1764 View
Epik! Garuda Cengkeram Bumi, Mobil Hias Disdik Ekspresikan Sikap Ekologi
Rabu, 17 Agu 2022, 09:42:14 WIB Oleh : Nurdin 2491 View
Karnaval dan Mobil Hias Disdik Mengusung Tema Merawat Bumi Berguru Pada Bumi
Minggu, 21 Agu 2022, 09:42:14 WIB Oleh : Nurdin 1180 View
PERTEMUAN MGMP AKPK : ULAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM KEARIFAN BUDAYA LOKAL

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE