Hari Pertama ANBK Jenjang SMP Di Purwakarta Berjalan Lancar

Senin, 18 Sep 2023 | 17:38:48 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 644


Hari Pertama ANBK Jenjang SMP Di Purwakarta Berjalan Lancar
   

Purwakarta, (18/09/2023) - Asesmen Nasional Berbasis Kompetensi (ANBK) kembali di gelar tahun ini. Pelaksanaan kategori SMP dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 18 s.d. 21 September 2023 dengan dua asesmen yaitu Literasi dan Numerasi.

ANBK adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian pada jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur hasil belajar kognitif, hasil belajar nonkognitif, dan kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. ANBK dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Sekitar 121 SMP yang berada di naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta bersama-sama melaksanakan kegiatan ANBK dan terbagi beberapa sesi disesuaikan dengan jumlah siswa yang ditentukan oleh Kemendikbud RI.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd berharap peserta didik yang mengikuti ANBK dapat mengerjakan dengan baik.

“ANBK adalah cara pemerintah kabupaten dan pusat untuk mengetahui indeks literasi, numerasi dan survey karakter. Peserta didik teruslah bekerja keras, belajar giat dan sukses” ucap Purwanto.

Pelaksanaan ANBK hari pertama berjalan baik dan lancar salah satunya di SMPN 9 Purwakarta. Peserta didik kelas 8 yang terpilih secara random mengikuti kegiatan ANBK yang dibagi menjadi 3 Sesi. Selain peserta, di dalam ruangan ANBK terdiri dari proktor, pengawas, teknisi dan panitia Inti.

Menurut Kepala SMPN 9 Purwakarta, Dra. Titi Sulastri Subandi, M.Pd mengatakan bahwa dengan adanya simulasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan ANBK ini membuat peserta tidak menemui kesulitan yang berarti, selanjutnya menurut Ketua Panitia ANBK SMPN 9 Purwakarta, Pipin Tresnawasti, S.Pd, M.Pd mereka dapat mengerjakan ANBK ini dengan baik dan lancar.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Ervin Aulia Rachman bahwa semua permasalahan telah dimitigasi saat pelaksanaan simulasi

“Saya berharap bahwa pelaksanaan ANBK tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, karena semua permasalahan telah dimitigasi sebelumnya di Simulasi ANBK yang dilaksanakdan diminggu lalu”, demikian ungkapnya. (MH/Red)



Jumat, 15 Sep 2023, 17:38:48 WIB Oleh : Mira Habibah 963 View
SMPN 2 Kiarapedes Tumbuhkan Kesadaran Ekologis Melalui Pembiasaan
Kamis, 14 Sep 2023, 17:38:48 WIB Oleh : Mira Habibah 701 View
Tingkatkan Kualitas Pendidikan Purwakarta Disdik Gandeng UPI Purwakarta
Kamis, 14 Sep 2023, 17:38:48 WIB Oleh : Mira Habibah 530 View
Merdeka Belajar SMPN 2 Bojong Hasilkan Pucuk Merah Sebagai Maskot Sekolah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE