English Fun Camp 2023: Kadisdik Minta Peserta Didik Harus Mulai Berani Berbicara Bahasa Inggris

Selasa, 14 Mar 2023 | 13:58:26 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1285


English Fun Camp 2023: Kadisdik Minta Peserta Didik Harus Mulai Berani Berbicara Bahasa Inggris
   

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kabupaten Purwakarta mengadakan kegiatan kemah sambil belajar Bahasa Inggris. Kegiatan tersebut adalah English Fun Camp yang berlangsung dari tanggal 13 dan 14 Maret 2023  bertempat di  Agrowisata Kebon Gaharu Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta (Kadisdik), Bapak H. Purwanto. Dalam sambutannya, Kadisdik mengatakan bahwa setiap peserta didik harus mulai  berani berbicara Bahasa Inggris. Selain itu setiap sekolah diharapkan mempunyai English Club, WA group untuk praktik Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. 

“Kegiatan English Camp ini sangat bagus dilaksanakan. Ke depannya, kegiatan ini sebaiknya dilaksanakan 6 bulan sekali” Ujar Kadisdik. 

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan pada acara yang diikuti oleh 140 peserta dari 55 sekolah se-Kecamatan Purwakarta tersebut, seperti public speaking, word chain, everybody’s story, describing object, night show dan lainnya. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yang berasal dari beberapa negara seperti Rownlad Seyvam Koku Dabi yang berasal dari Ghana, Ally Alena Greene yang berasal dari Amerika dan Umar Abdurrouf yang berasal dari Nigeria. 

Dalam sambutannya, Kabid Pendas mengatakan bahwa Bahasa Inggris tidak bisa lepas dari kehidupan kita, dari pendidikan di masa kini, dari komunikasi kita dengan orang luar. Semakin kita bisa menggunakan bahasa asing maka akan semakin banyak lagi teman dari berbagai negara. Bahasa Inggris kalau tidak ada partner, tidak ada kawan bicara itu susah.

Menurut Ketua Pelaksana Upia Nuraini, S.Pd, Ketua Pelaksana kegiatan English Fun Camp mengatakan bahwa tujuannya kegiatan ini adalah sebagai ajang kegiatan silaturahmi guru Bahasa Inggris SMP se-Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini mengajak kepala sekolah, guru serta peserta didik untuk menyukai Bahasa Inggris. 

Sedangkan menurut Yayan Sopian, S.Pd selaku Ketua MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Purwakarta mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mengimplementasikan program Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yaitu Mapag Buana serta untuk mempersiapkan putra-putri peserta didik dalam menghadapi era globalisasi. 

Yayan juga berharap bahwa kegiatan ini bisa dilakukan tidak hanya sekali tapi menjadi agenda rutin MGMP Bahasa Inggris. Harapan lainnya, kegiatan ini selalu disupport penuh oleh Dinas Pendidikan dan segenap stakeholders  di Kabupaten Purwakarta agar peserta didik Purwakarta mempunyai kebiasaan menggunakan Bahasa Inggris serta menjadi lebih berkembang dan lebih maju. (MH/Red)



Selasa, 14 Mar 2023, 13:58:26 WIB Oleh : 978 View
Pekan Kreativitas Siswa SD Tingkat Kecamatan Purwakarta
Selasa, 14 Mar 2023, 13:58:26 WIB Oleh : 941 View
Lomba Kreatifitas : Tampilkan Minat Bakat Pelajar Purwakarta
Senin, 13 Mar 2023, 13:58:26 WIB Oleh : Mira Habibah 33262 View
Dampak Bullying dan Pencegahannya di Sekolah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE