Di Hardiknas Tahun 2023, Disdik Purwakarta Raih Penghargaan dari BBPMP Jawa Barat

Selasa, 02 Mei 2023 | 18:47:25 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 2431


Di Hardiknas Tahun 2023, Disdik Purwakarta Raih Penghargaan dari BBPMP Jawa Barat
   

Selasa, (02/05/2023), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat yang dipimpin langsung oleh Kepala BBPMP Jawa Barat, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto beserta pejabat Dinas Pendidikan menyambut dan menerima rombongan di ruang kerja Kadisdik.

Tujuan kunjungan tersebut, menurut Sri Wahyuningsih adalah untuk membangun koordinasi, kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Purwakarta dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan di Jawa Barat untuk direncanakan dan dilaksanakan bersama. Untuk itu diperlukan proses yang harus dilakukan dan perlu perencanaan yang harus dikomunikasikan dalam rangka menguatkan perencanaan pendidikan Kabupaten Purwakarta yang sudah sangat baik untuk lebih sinergis lagi dalam program pencapaian mutu pendidikan tingkat nasional.

“Program kurikulum merdeka harus dikawal dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga melahirkan pelajar Indonesia yang Pancasila dan memiliki tanggung jawab. Enam indikator Pelajar Pancasila (berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif) yang harus dikawal dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab” demikian menurut Sri.

Sedangkan menurut Purwanto, Disdik Purwakarta terus berupaya untuk membangun pendidikan di Purwakarta yang didasarkan pada tiga core value yaitu kesadaran ekologi, spiritual dan sosial. Upaya ini dilakukan melalui pendidikan karakter yang dilaksanakan dan diadaptasikan  pada kurikulum merdeka  belajar.

Masih menurut Purwanto, Disdik Purwakarta berupaya bagaimana agar guru terus rajin meningkatkan kompetensi mereka melalui platform Merdeka Belajar yang sangat mudah dan bisa diakses oleh seluruh guru dan ini memungkinkan memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar di kelas.

“Disdik terus mengupayakan agar semua sekolah di Purwakarta menerapkan kurikulum merdeka karena saat ini sangat pas momentumnya dengan pelaksanaan 5 bunga karakter yang sudah diterapkan agar guru bisa mengajar secara konstentual, menyenangkan serta dibutuhkan oleh anak-anak. Sekolah di Purwakarta terus ditingkatkan agar menjadi sekolah yang ramah dan menyenangkan dan bisa mengantarkan peserta didik pada keselamatan dan kebahagiaan. Akan tercapai jika seluruh komunitas dan stakeholder mau bekerjasama membangun pendidikan di Purwakarta” ucap Purwanto.

BBPMP Jawa Barat di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 juga memberikan penghargaan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta sebagai bentuk apresiasi kepada disdik terhadap pengawalan program-program merdeka belajar seperti sekolah penggerak, implementasi merdeka belajar dan bagaimana pemanfaatan raport pendidikan untuk perencanaan pendidikan di satuan pendidikan. Apreasiasi dan tanggung jawab yang diberikan BBPMP Jawa Barat sebagai komunitas penggerak pendidikan di Propinsi Jawa Barat.

Harapan BBPMP adalah Purwakarta bisa memimpin peningkatan mutu pendidikan di Jawa Barat maupun di Indonesia. Disdik Purwakarta terus maju dengan program-program luar biasa yang bisa mendorong pendidikan karakter dan pendidikan akademik agar lebih baik di masa yang akan datang. (MH/Red.)



Rabu, 03 Mei 2023, 18:47:25 WIB Oleh : Mira Habibah 662 View
Banjir Penghargaan di Pelaksanaan Hardiknas Tahun 2023 Kabupaten Purwakarta
Jumat, 28 Apr 2023, 18:47:25 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 918 View
Putri Nur Fakhriyani Pelajar SMPN 2 Kiarapedes Gelar Cintai Lingkungan Kita
Jumat, 28 Apr 2023, 18:47:25 WIB Oleh : Mira Habibah 822 View
Disdik Purwakarta Adakan Apresiasi Untuk Guru dan Sekolah di Hardiknas 2023

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE