Bulan Ramadhan 1444H, Disdik Gelar Kegiatan Masantren di Sakola

Selasa, 28 Mar 2023 | 10:54:17 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 860


Bulan Ramadhan 1444H, Disdik Gelar Kegiatan Masantren di Sakola
   

Dalam rangka meningkatkan penguatan pendidikan karakter peserta didik, Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta pada kegiatan Ramadhan 1444H/2023 M dikonsentrasikan pada penguatan aspek spiritual, sosial dan pengetahuan salah satunya pembelajaran kitab kuning dalam rangka mewujudkan peserta didik yang religious melalui kegiatan “Masantren di Sakola”

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh satuan pendidikan melalui panitia yang ditetapkan oleh kepala sekolah serta melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan. Satuan pendidikan juga diberikan kesempatan untuk bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki kompetensi dan kapasitas dalam penyelenggaraan “Masantren di Sakola”.

Tujuan diadakannya “Masantren di Sakola” adalah sebagai implementasi dari salah satu lima bunga karakter yaitu Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab (AKPK) sehingga pelaksanaan “Masantren di Sakola” ini melibatkan guru-guru AKPK. Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta menyediakan konten tentang pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’ali3m dan Kitab Safinatunnaja.

Kitab Ta’lim Muta’alim mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, sikap peserta didik ketika mempelajari ilmu , sikap guru ketika mengajar peserta didik dan sikap peserta didik ketika menerima ilmu. Sedangkan kitab Safinatunnaja berisi tentang fiqih bagaimana beralam dan beribadah sehari-hari. Pembelajaran dilakukan setiap hari termasuk di hari sabtu dan minggu pada jam 09.00 WIB dan 14.30 WIB.

Sekolah wajib melakukan perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi dengan melibatkan seluruh guru dan tenaga kependidikan yang ada di satuan pendidikan masing-masing dengan perpedoman dengan juknis yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Selama Pelaksanaan Kepala Sekolah diharapkan menginstrusikan betul guru-gurunya untuk mengawal betul karena peserta perlu mendapatkan bimbingan. Wali kelas diharapkan menginstruksikan supaya peserta didik menyimak dan kemudian membuat resume dari pembelajaran kitab kuning selama satu bulan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Bapak H. Purwanto mendukung penuh pelaksanaan “Masantren di Sakola”. Menurut Kadisidik melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan diharapkan mampu menumbuhkan semangat berkolaborasi seluruh ekosistem pendidikan dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan terhadap pesera didik. Terutama dalam pendidikan agama sebagai basic dalam penguatan pendidikan karakter (MH/Red)



Senin, 27 Mar 2023, 10:54:17 WIB Oleh : Mira Habibah 526 View
Kadisdik Minta Di Bulan Puasa Pelayanan Pendidikan Tetap Berjalan Baik
Jumat, 24 Mar 2023, 10:54:17 WIB Oleh : Mira Habibah 731 View
Tadarusan di Aula Bale Guru Linuhung Dinas Pendidikan
Jumat, 24 Mar 2023, 10:54:17 WIB Oleh : Mira Habibah 625 View
Pesantren An-Nur SMPN 1 Tegalwaru Gelar Kegiatan Perdana Pasaran Kitab Taalim Mutaalim

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE