Beas Kaheman : Motivasi Peserta Didik SMPN 9 Purwakarta untuk Berbagi

Kamis, 30 Mar 2023 | 13:28:24 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 898


Beas Kaheman : Motivasi Peserta Didik SMPN 9 Purwakarta untuk Berbagi
   

Kemis Nyanding Wawangi merupakan salah satu pendidikan karakter di Purwakarta yang menjadi bagian dari 7 Poe Atikan. Semua sekolah di Purwakarta baik itu SD maupun SMP yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta mengimplementasikan 7 Poe Atikan dengan baik termasuk diantaranya adalah program Beas Kaheman yang menjadi bagian dari karakter pendidikan Purwakarta di hari Kemis Nyanding Wawangi.

Salah satu sekolah yang rutin melaksanakan kegiatan tersebut adalah SMPN 9 Purwakarta. Sekolah yang terletak di Jalan Kolonel Rahmat, Citalang, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta memiliki 40 orang Pendidik dan Tenaga Kependidikan, terdiri dari 32 orang guru dan 8 orang tenaga Tata Usaha. Sekolah yang dipimpin oleh Dra. Titi Sulastri Subandi, M.Pd ini sangat giat melaksanakan kegiatan Beas Kaheman.

Menurut Ibu Titi, proses pengumpulan beas kaheman dilakukan oleh anak OSIS dengan sistem perkelas lalu dikumpulkan di satu titik. Di dalam pendistribusian ada 2 kategori penerima bantuan beas kaheman, yaitu untuk siswa yatim piatu serta warga masyarakat sekitar sekolah. Mereka berhak menerima bingkisan berupa 3 liter beras. Setiap hari Kamis paling sedikit 60 liter beras terkumpul. Untuk pendistribusian beas kaheman dilaksanakan hari Jumat karena merupakan hari berkah. Pembagian beas kaheman pada gebyar Ramadhan Kamis tanggal 13 April 2023 nanti, insyaAllah isi bingkisannya bukan beras saja. Mudah-mudahan bisa meringankan beban bagi para penerima bingkisan tersebut.

Sedangkan menurut Guru PAI SMPN 9 Purwakarta, Ibu Lilis Sumiati, setiap harinya semakin banyak siswa yang mengumpulkan beas kaheman. Hal tersebut sungguh menggembirakan karena sudah menjadi pembiasaan praktik baik di sekolah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan beas kaheman mengajarkan kepada anak-anak mengenai apa yang kita miliki bukan hanya milik kita, tapi milik orang lain yang dititipkan Tuhan kepada kita. Dengan bersedekah dapat membantu meringankan kesulitan perekonomian orang lain. (MH/Red.)



Rabu, 29 Mar 2023, 13:28:24 WIB Oleh : Mira Habibah 810 View
Ramadhan Bukan Penghalang Peserta Didik SMPN 6 Purwakarta Melaksanakan 7 Poe Atikan
Rabu, 29 Mar 2023, 13:28:24 WIB Oleh : Mira Habibah 1533 View
TK Pembina, Satu-Satunya TK Negeri di Kecamatan Purwakarta
Selasa, 28 Mar 2023, 13:28:24 WIB Oleh : Mira Habibah 866 View
Bulan Ramadhan 1444H, Disdik Gelar Kegiatan Masantren di Sakola

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE