Tingkatkan Kualitas PAUD, Disdik Lakukan Kerjasama dengan SEAMEO CECCEP

Jumat, 31 Mei 2024 | 17:15:17 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 515


Tingkatkan Kualitas PAUD, Disdik Lakukan Kerjasama dengan SEAMEO CECCEP
   

Purwakarta, (31/05/2024) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Purwakarta baik itu jenjang PAUD, SD maupun SMP. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi maupun bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkompeten di bidangnya seperti yang dilakukan dengan mengadakan Kerjasama Bersama The Southeast Asian Minister of Education Organization (SEAMEO) CECCEP.

Kegiatan penandatangan Kerjasama (MoU) dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Mei 2024 bertempat di Aula Mandalakarsa SKB Purwakarta. Selain penandatangan Kerjasama, juga diadakan pelatihan pengembangan Kapasitas PAUD dengan menghadirkan narasumber juga dari SEAMEO CECCEP.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd beserta jajaran pejabat, Direktur SEAMO CECCEP, Prof. Vina Andriany, PhD, tamu undangan lainnya dan para peserta kegiatan pelatihan.

Prof. Vina dalam sambutannya mengatakan PAUD merupakan pijakan atau pondasi layanan berikutnya yaitu SD.  Anak-anak yang mengikuti PAUD akan siap masuk SD dan kemudian jenjang berikutnya. Dampak PAUD sudah terbukti di beberapa negara karena ternyata dapat mengurangi angka kemiskinan.

“Adanya PAUD sangat penting karena bisa memberikan perhatian lebih kepada usia rentan dari kelompok menengah ke bawah untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas sehingga kelak anak-anak memiliki kesempatan bersaing yang sama dengan anak dari keluarga menengah ke atas” ucap Prof. Vina.

Prof. Vina dan SEAMEO CECCEP merasa terhormat karena mendapat kesempatan untuk bekerjasama dengan Disdik Purwakarta yang dimulai dengan Pelatihan yang disebut Our Happy Neighbourhood (OHN).

Pelatihan ini menggunakan 2 (dua) perspektif yaitu hak anak dan Holistic Integrated yang dilakukan selama 2 (dua) hari.

“Hak anak terkait akses anak terhadap layanan PAUD yang berkualitas karena hak tersebut tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sedangkan Hak Holistic Integrated terkait Kerjasama lintas sectoral, lintas OPD sehingga setiap anak bisa memperoleh pelayanan terbaik”

Kadisdik Purwakarta, Dr. H. Purwanto menyambut baik bahkan bangga bisa bekerjasama dengan organisasi yang terfokus pada pendidikan PAUD dan bersifat regional Asia Tenggara.

“Dalam rangka peingkatan kualitas pendidikan, berkolaborasi dan bekerjasama dengan berbagai Lembaga itu sangat penting. Disdik Purwakarta yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia terbantu dengan Kerjasama ini. Saya berbahagia, Purwakarta dilirik oleh organisasi besar untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari Tim SEAMO CECCEP” ucap Purwanto

“Kalau berbicara pelayanan akses maka harus ada tempat dan guru. Gurunya harus mempunyai kemampuan dan mau mendapatkan kesejahteraan yang cukup. Ini  yang harus kita diperhatikan oleh kita. Kolaborasi ini  membuka jalan ke depan agar pelayanan PAUD bisa lebih baik, lebih bermutu dan guru bisa meningkatkan kompetensi dan kualifikasi. Semoga kerjasama ini bisa terus berlanjut” demikian ungkap Purwanto. (MH/Red.)



Jumat, 31 Mei 2024, 17:15:17 WIB Oleh : Mira Habibah 1375 View
Disdik Purwakarta Raih Juara 1 Video Interaktif Merdeka Belajar Tingkat Propinsi
Kamis, 30 Mei 2024, 17:15:17 WIB Oleh : Mira Habibah 587 View
Tim Kecamatan Purwakarta Kokohkan Juara di GSI 2024
Kamis, 30 Mei 2024, 17:15:17 WIB Oleh : Mira Habibah 542 View
Gelar Karya SMPN 1 Bungursari: Ragam Karya Siswa Wujud Membangun Jiwa Bhinneka Tunggal Ika

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE