KADISDIK TEGASKAN GURU HARUS MEMILIKI INTEGRITAS
Purwanto Berikan Kuliah Umum dalam Kegiatan Bimtek K-13

Selasa, 31 Jul 2018 | 08:22:29 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1888


KADISDIK TEGASKAN GURU HARUS MEMILIKI INTEGRITAS
   

disdik.purwakartakab.go.id – Guru harus kreatif, inovatif membuat suasana belajar lebih nyaman dan menyenangkan, mengikuti perkembangan arus Teknologi Informasi untuk media pembelajaran, Dinas Pendidikan Kabupaten di tingkat UPTD Kecamatan Purwakarta gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 di Jl Purnawarman Barat Aula Kantor Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwakarta sabtu (28/7).

 

Informasi yang dihimpun disdik.purwakartakab.go.id kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Guru dan Kepala Sekolah, Kadisdik H. Purwanto juga didampingi Kabid GTK, Kepala UPTD dan Pengawas, dan narasumber. Purwanto mengatakan “untuk melahirkan generasi Genius, tentu peningkatan kompetensi kualitas Pendidik harus terus ditingkatkan, Karena guru memiliki kewajiban mencerdaskan aset bangsa”.

“jika tugas guru bukan hanya mengajar, namun harus” Ungkap Kadisdik di depan ratusan Guru dan Kepala Sekolah, karena mendidik memiliki makna yang luas, kompleks selain mengajar, guru itu bertugas mentransfer ilmu, menumbuh kembangkan potensi peserta didik. Maka guru berkewajiban mengajar,  Guru mesti meningkatkan kapasitas diri setiap saat dan menjadi insan literat.

 

MATERI KULIAH UMUM (KADISDIK) H. PURWANTO

Kadisdik H. Purwanto memberikan materi kuliah umum pesan beliau terpenting adalah komitmen dan integritas, setinggi apapun Pendidikan kita seberapa banyak pun pelatihan-pelatihan yang kita ikuti seberapa banyak pun buku yang kita baca, itu tidak berarti apa-apa untuk kemajuan Penddikan jika kita (Para Guru) tidak mempunyai integritas yang baik, Sesuai dengan nilai-nilai keprofesian kita. Jelasnya

Selain itu, (Kadisdik) Purwanto juga menjelaskan bahwasanya seorang guru dituntut untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap umum khususnya Pendidikan Moral, Akhlak, Budi Pekerti melahirkan generasi Genius dan siap bersaing dimasa depan.

 

“Guru harus mampu dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki,” Urainya.

“Dengan, memiliki integritas, lanjut H. Purwanto, guru harus memiliki kemampuan diatas rata-rata yang mencakup pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian”, ungkapnya.

Di penghujung kuliah umum, Purwanto mengatakan jika guru harus memiliki kemampuan emosional dan penghayatan.

 

“Guru harus memiliki kemampuan emosional, pengalaman dan menghayati suatu hal. yakni kesabaran, partisipasi, penghayatan nilai, pengorganisasian nilai, dan karakteristik diri termasuk juga kemampuan motoric menggiatkan dan mengkoordinasi gerakan. pungkas Purwanto yang kemudian secara resmi membuka kegiatan Bimtek. (NC/Red)



Kamis, 07 Jun 2018, 08:22:29 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1455 View
BKPSDM Tidak Pernah Membuat Dokumen Persyaratan CPNS
Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE