JURNAL HARIAN IK DI SATAP TERPADU 2 MARGASARI

Kamis, 06 Sep 2018 | 10:10:01 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 2970


JURNAL HARIAN IK DI SATAP TERPADU 2 MARGASARI
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Senin 27 Agustus 2018 merupakan perjalanan kami para Instruktur Kabupaten (IK) Induk Klaster Selaawi 2 untuk melaksanakan kegiatan on 1 ke SMPN SATAP Terpadu 2 Margasari, Pasawahan Purwakarta. Sudah 3 sekolah yang selesai kami kunjungi. SMPN SATAP Terpadu 2 Margasari  adalah sekolah keempat untuk kegiatan pendampingan kali ini. Ada tujuh sekolah yang seyogyanya harus kami datangi untuk kegiatan on servis. Sebuah kegiatan yang merupakan pendampingan dari implementasi  BIMTEK kurikulum 2013.


 

SATAP Terpadu 2 Margasari berlokasi di Jalan Margasari, Pasawahan Purwakarta. sekolah ini tidak memiliki perbedaan spesifik dari segi bangunan dengan sekolah lainnya,bahkan bisa termasuk sekolah kecil. Namun ada satu hal yang sangat menarik perhatian kami dan ini merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh SMPN SATAP Terpadu 2 Margasari. Sekolahnya terlihat begitu bersih. Segala sesuatu tertata dengan rapi.

Lantai keramik terlihat begitu berkilau, seperti tidak pernah dilalui oleh seseorang. Tampak di sekeliling lapang, pohon mangga yang sedang berbuah berjajar menambah asri suasana sekitarnya. Ketika saya amati, ternyata terdapat beberapa jenis pohon mangga disana, antara lain mangga manalagi, mangga apel dan harum manis. Siapapun pasti terkagum-kagum melihat mangga yang berbuah dengan lebat. Dan yang tidak kalah menarik adalah ruangan wc siswa yang bersih dan harum, sehingga gurupun tidak merasa sungkan untuk menggunakannya. Begitu betah rasanya kami berada disana, meski hanya beberapasaat saja.

Untuk menghilangkan rasa kepesaran, saya sendiri mencoba mencari tahu tentang tips-tips yang dipakai sekolah sehingga bisa sebersih dan serapi seperti sekarang ini. Ketika dikonfirmasi; bapak Saeful Mukti yang merupakan salah satu guru disana menceritakan tentang  kebijakan apa saja yang dipakai oleh kepala sekolah (Ibu Pipih Sopiah ). Selain regukerja,lomba kebersihan kelas, salah satu hal yang terpenting adalah kesadaran dari semua pihak. Menurutnya, ibu kepala sekolah sangat konsisten menyadarkan seluruh warga sekolah dalam menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan. Alhasil , selain sekolah selalu tampak bersih dan rapi. SATAP Terpadu 2 Margasari pun selalu mendapat peringkat terbaik sekecamatan sebagai sekolah terbersih.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu pengalaman berharga, terutama bagi kami para IK, untuk selalu senantiasa mengambil seluruh hal baik yang kami peroleh selama bertugas dilapangan. Pelajaran berharga kali ini adalah termotivasinya kami untuk mampu menerapkan hal-hal baik dilingkungan sekolah sendiri, dalam hal ini yaitu selalu senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dengan kerjasama bahu membahu seluruh warga sekolah, maka seluruh tujuan akan tercapai.

Penulis : Upia Nuraeni 2018



Kamis, 30 Agu 2018, 10:10:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 2537 View
PENTAS PAI MEDIA PENGUATAN KARAKTER SISWA
Kamis, 30 Agu 2018, 10:10:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 3223 View
DISDIK KUATKAN KOMITMEN PENDIDIKAN KARAKTER
Kamis, 30 Agu 2018, 10:10:01 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 17170 View
GANDRUNG MULASARA MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE