INSPIRASI DARI SDN 8 KAHURIPAN PADJADJARAN PURWAKARTA

Jumat, 11 Jan 2019 | 09:21:09 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 4438


INSPIRASI DARI SDN 8 KAHURIPAN PADJADJARAN PURWAKARTA
   

Disidik.purwakartakab.go.id – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 8 Ciseureuh Purwakarta yang dikembangkan menjadi sekolah berbasis alam dan lingkungan memberikan inspirasi tersendiri, lebih khusus bagi masyarakat pendidikan Purwakarta.

Disdik.purwakartakab.go.id berkesempatan mewawancarai langsung Plt. Kepala SDN 8 Ciseureuh, Pepi Ramahsari yang mengganti Kepsek sebelumnya, Heri Wijaya. Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (08/01), Pepi menuturkan sejumlah hal seputar yang sekolah yang sedang dipimpinnya saat ini.

Diantaranya, Pepi menyinggung soal sejarah sekolah. Dia menjelaskan, SDN 8 Ciseureuh berdiri sejak Tahun 2004.

"Dulu masih beralokasi di Kecamatan Plered Purwakarta, kemudian pasca kepemimpinan Bupati Purwakarta Kang Dedi Mulyadi tahun 2013 sekolah ini dipindahkan ke Perum Dian Anyar Blok N4 No.2 A Kel. Ciseureuh Purwakarta," katanya.

Lebih lanjut, Pepi mengatakan bahwa saat di sekolahnya ada 224 siswa. Sementara, terkait gagasan sekolah berbasis alam dan lingkungan, dia menegaskan bahwa hal tersebut tidak lepas dari misi pembinaan siswa sebagaimana diatur dalam Perbup No. 69 Tahun 2015 Tentang Pendidikan Berkarakter.

"Tujuan dari Sekolah berbasis Alam dan lingkungan ini ialah untuk membina Karakter Siswa sesuai dengan Perbup No 69 Tahun 2015 tentang Pendidikan Berkarakter. Kita sama-sama ketahui bahwa bentuk dari implementasi perbup tersebut di awali dari sekolah disini sebagai percontohan," ujarnya.

TANTANGAN PENERAPAN PENDIDIKAN BERKARAKTER

Penerapan pendidikan berkarakter di lingkungan SDN 8 Ciseureuh, imbuh dia lagi, bukan tanpa tantangan dan halangan sama sekali. Namun begitu, hal tersebut dapat dilalui dengan baik.

"Selama penerapan (pendidikan berkarakter) tentu hambatan selalu ada, tapi Alhamdulillah itu semua bisa di lewati dengan baik karena adanya kerjasama antara Guru, Kepala Sekolah, terus juga orang tua murid secara bertahap," tandasnya.

Penerapan pendidikan berkarakter di SDN 8 Ciseureuh terbukti mampu mendongkrak prestasi siswa. Para siswa, sambungnya, telah menunjukkan prestasi di banyak tingkatan, dari mulai kecamatan sampai nasional.

Untuk menjaga antusiasme Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), interior ruang kelas di SDN 8 Ciseureuh ditata sedemikian rupa. 

"Untuk interior ruang kelas, kami memberikan kesempatan kepada orang tua murid untuk menghias kelasnya masing-masing berdasarkan kreativitas mereka. Ada semacam perlombaan yang dibuka dari bulan oktober sampai nanti dibulan februari. Nantinya ada penilaian baik dari pengawas sekolah dan stakeholder pendidikan," jelasnya.

Keterlibatan orang tua siswa tidak hanya pada soal ruang kelas, melainkan banyak aspek lain di lingkup SDN 8 Ciseureuh.

"Semua unsur orang tua di sini dilibatkan dalam kegiatan, contohnya ekskul. Termasuk, penggunaan fasilitas sekolah. Karena kita memiliki kolam di halaman sekolah, nanti akan ditanami ikan oleh anak-anak sesuai dengan kelasnya masing-masing. Anggarannya dari para orang tua siswa. Hasil dari tanam ikan itu, akan dibawa lagi oleh masing-masing siswa," pungkasnya. (NC/Red)



Jumat, 04 Jan 2019, 09:21:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 5381 View
SUKACITA WARGA SDN 1 NAGRI KALER PINDAH KE TEMPAT BARU
Sabtu, 22 Des 2018, 09:21:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 3423 View
GURU & MURID SD PASAWAHAN BERIKAN BANTUAN KEPADA ALM. LILI
Kamis, 13 Des 2018, 09:21:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 4030 View
KADISDIK PURWANTO : SEKOLAH NEGERI HARUS MENJADI RUJUKAN

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE