GIROH LITERASI DALAM KBLT ONLINE

Senin, 22 Agu 2022 | 08:35:31 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 534


GIROH LITERASI DALAM KBLT ONLINE
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Setiap Pelaksanaan pelatihan atau seminar yang di nantikan dan dikejar peserta adalah sertifikat untuk pemberkasan dalam memenuhi Angka Kredit, Kenaikan Pangkat dan Penilaian Produk. Setelah itu selesai tanpa keberlanjutan. Sehingga kualitas, daya kritis, pembinaan dan pengembangan selalu terabaikan. Lalu bagaimana untuk merubah mindset itu?

 

Pembelajaran jarak jauh saat pandemi membawa peserta didik terbiasa belajar kapan dan dimanapun, hal ini merupakan salah satu dampak positif dari kondisi pandemi yang lalu. Kebutuhan akan suatu materi pembelajaran mendorong peserta didik untuk aktif mengikuti pembelajaran jarak jauh atau online walaupun di luar jam belajar mereka di sekolah.

 

Senin, (15/8/2022; 15:30-17:30 WIB) Peserta Didik kelas 6 dan Tenaga Pendidik SDN 1 (SDENSA) Nagri Kidul Purwakarta yang tergabung dalam Group WhatsApp  Kelas Bimbingan Literasi Tuntas (KBLT) Online merupakan kelanjutan dari Workshop Nasional Literasi Publikatif Milenial SDENSA-QURUTA, Rabu, (10/82022)  antusias mengikuti bimbingan literasi hingga tuntas secara aktif.

 

Duta Literasi Nusantara, Mentor Literasi bersama QURUTA Management secara konsisten mengadakan kegiatan bimbingan literasi secara online maupun offline hingga tuntas, selanjutnya tulisan peserta publis di media, kemudian link yang telah diterbitakan di media di sebar luaskan kepada seluruh pertemanan di media sosial sebagai sumber bacaan.  

 

Ida Kholidah, Duta Literasi Nasional dari SMPN 1 Bungursari Purwakarta, memandu zoom meeting, penyaji pada kegiatan ini yaitu Yoni Haris Setiawan (Trainer dan Motivator Literasi Indonesia-QM) dan Emi Rusnawati (Ketua Umum The YAQINNA Foundation). Kegiatan ini semakin semarak dan interaktif dengan peran sertanya Duta Literasi Nusantara lainnya Asep Halimurosid dari SDN 1 Hegarmanah Cugenang Cianjur dan rr. Nurul Hidayah sebagai ‘kompor pembakar’ semangat literasi di SDENSA.

 

Kegiatan di awali dengan ucapan selamat dan sukses kepada Eva Dwi Rahayu, Guru kelas 3A SDENSA Purwakarta, salah satu peserta yang literasi karya inovatif (jenis karya seni sastra: Puisi) telah dipublis di Koran Bekasi. Dalam paparan materinya, Yoni Haris Setiawan menyampaikan cara teknis penulisan puisi dan reportase mulai dari judul sampai penutup.“Dalam menulis harus dipilih diksi yang baik” tutur Yoni.

 

Sedangkan Emi Rusnawati menyampaikan materi tentang bagaimana cara menerbitkan buku. Di akhir paparannya Ia memberikan motivasi kepada peserta baik peserta didik maupun tenaga pendidik. “Setelah menulis dicoba share ke mentor atau ke guru atau sesama teman agar chattingnya lebih bermanfaat” jelasnya.

 

Sebagai penutup pertemuan diberikan tugas periodik “Sarapan Diksi” sepekan sekali dari mulai pekan ke 3-4 bulan Agustus dan pekan 1-4 bulan September 2022, disesuaikan dengan Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, dikondisikan di WAG KBLT Online sehingga aktifitas menulis peserta terjaga secara berkesinambungan agar mereka bisa mempublikasikan hasil tulisannya.

 

Kegiatan ini diharapkan bisa membakar semangat literasi peserta didik dan tenaga pendidik SDENSA Purwakarta khususnya dan berikutnya bisa mengembangkan kegiatannya ke seluruh pelosok Nusantara.

 

Wallaahu a’lam bish-Shawabi

Barakallah lanaa wa lakum

#SalamLiterasi ; Indonesia Berkarya!!

 

Editor: Yoni Haris Setiawan
Dok. Foto: rr. Nurul Hidaya



Senin, 15 Agu 2022, 08:35:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 275 View
Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Buku dan Kegiatan Membaca
Senin, 15 Agu 2022, 08:35:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 612 View
DUTA LITERASI NUSANTARA BUMIKAN LITERASI SEKOLAH
Minggu, 07 Agu 2022, 08:35:31 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 345 View
PENGUSAPAN ANAK YATIM MENYAMBUT TAHUN BARU HIJRIAH 1444

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE