GANDRUNG MULASARA MEMBANGUN KARAKTER SISWA
Pelajar Purwakarta Antusia Mengikuti Rangkaian Kegiatan Gandrung Mulasara

Kamis, 30 Agu 2018 | 13:24:11 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 12272


GANDRUNG MULASARA MEMBANGUN KARAKTER SISWA
   

disdik.purwakartakab.go.id – “Gandrung Mulasara” Kata Gandrung berasal dari bahasa Sansakerta menjadi serapan ke dalam bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia. Gandrung memiliki arti kasmaran atau jatuh cinta, jika kita membedah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Gandrung memiliki arti sangat rindu atau tergila-gila karena cinta. Jadi, apa yang kita rindukan? dan kepada siapa kita tergila-gila ?. Serta pada apa kita jatuh cinta ?.

Mulasara atau pulasara memiliki arti memelihara atau mengurus, kata ini sering identik dengan jenazah atau orang yang sudah mati. Jika kita gabungkan dalam untaian kalimat gandrung mulasara memiliki arti memelihara dengan penuh rasa cinta. Jika kita pandang dengan arti yang luas, Gandrung mulasara bermakna memelihara dengan penuh kesadaran dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya.
 

Kita fokuskan pikiran dengan kesadaran kita, mulangkeun ka sarakan pangbalikannana memiliki makna yang sangat dalam, bukan hanya asal kembali tetapi kembali ke asal atau ke tempat asal, yakni lemah cai, tempat kita pertama kali menginjak tanah, menghirup angin, meminum air dan di sinari oleh cahaya matahari itu.

Mulangkeun artinya mengembalikan. Apa yang harus dikembalikan ?. Yang harus dikembalikan adalah diri kita ke asalnya, namun darimana asalnya diri ?. Diri ini berasal dari tanahnya, diri ini berasal dari anginnya, diri ini berasala dari airnya dan diri ini berasal dari cahayanya. Harus kemana diri ini kembali?, ke sarakan pangbalikan yakni tempat kita kembali ke Dzat yang sejati dan abadi yang mengatur dunia dengan segala kuasanya begitu ulasan dari pemuda Mochamad Irvan Efrizal, Nurdin Cahyadi dan beberpa pemuda saat di temui disdik.purwakartakab.go.id

Kegiatan Gandrung Mulasara dipelopori oleh kumpulan Pemuda yang tergerak batinya untuk meperjuangkan ideologi sebagai pemuda Sunda kecintaanya ka ‘Lemah Cai’ dengan menghadirkan Bah Ayi Kurnia (Sukmasarakan), Rudy Aliruda di temani kawan-kawanya dari Sanggar Sastra Purwakarta, Pepep D.W penulis buku “Manusia dan Gunug”, Man Jasad (Duta Ulin Jawa Barat).

Di hadiri oleh ratusan Pelajar terdiri dari SD, SMP dan SMA di dampingi guru, pemuda diawali dengan ‘Nyakar’ nyaah ka runtah, Baca Puisi, Akustik, Materi Alam dan Budaya, Bedah Buku, “Curug Cipurut” berlokasi di bawah kaki Gunung Burangrang, Kawasan Cagar Alam yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Bara, Desa Sumurugul Wanayasa Purwakarta. Minggu (26/8)

Kegiatan ini mendapat support langsung dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, BKSDA Jawa Barat dan sejumlah Tokoh di Desa Sumurugul Kecamatan Wanayasa Purwakarta.

Sadiyah, M.Pd Kepala Seksi kesiswaan Dinas Pendidikan membuka langsung kegiatan mewakili Kepala Dinas Pendidikan yang berhalangan hadir, dalam amnatnya Sadiyah mengatakan manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, anak-anak harus mencintai alam dan lingkungan, karena alam telah memberikan kebaikan bagi kita,  ketika kalian melihat keindahan di alam katakanlah “Subhanallah”. Ucapnya sadiyah di depan pelajar

Memaknai alam, menyentuh alam, pohon, jaga kebersihan, secara akademik jadikan edukasi kalian temui harus menjadi catatan keilmuan. Menjadi manusia sejati, manusia yang membawa nama baik Purwakarta, ini harus dilakukan oleh pelajar di Purwakarta. kalian jangan lupa membaca Do’a terlebih dahulu, mohon ijin pada yang terlihat atau tidak terlihat. Ucapnya saat pembukaan kegiatan yang di dampingi oleh perwakilan dari BKSDA Jawa Barat, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa serta Karang Taruna setempat.

“Pelajar dan pemuda antusias, menyenangkan terpancar dari raut wajahnya saat mengikuti rangkaian kegiatan Gandrung Mulasara”. (NC)



Jumat, 24 Agu 2018, 13:24:11 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2615 View
SMPN 8 PURWAKARTA TERIMA BANTUAN ALAT OLAHRAGA DARI PT. WIJAYA KARYA
Sabtu, 11 Agu 2018, 13:24:11 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 1291 View
PELAJAR PURWAKARTA SAMBUT MERIAH OBOR ASIAN GAMES
Jumat, 27 Jul 2018, 13:24:11 WIB Oleh : 130 View
Sekdis Pendidikan Lepas Peserta FLS2N Purwakarta ke Tingkat Provinsi

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE