image

Admin Dinas Pendidikan

25 Juli 2024

664x Dilihat
MPLS SDN Cigelam 1, Kembangkan Keterampilan Motorik Melalui Permainan Konsentrasi

Purwakarta, (24/07/2024) – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Transisi PAUD ke SD memasuki hari ke-8 . Pelaksanaan MPLS di SD Negeri Cigelam 1 difokuskan pada Pondasi 5 Transisi PAUD – SD yaitu pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan sekolah.

Di lapangan sekolah yang tidak terlalu luas, 30 Peserta didik baru dikumpulkan dan diajak belajar sambil bermain. Selain diajarkan untuk berdoa setiap pagi, peserta didik diajak untuk senam sehat bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang ternyata secara kompak dan hafal mereka menyanyikan lagu kebangsaan tersebut dengan baik.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan melatih motorik dan konsentrasi peserta didik melalui berbagai permainan seperti pindah gelas kertas, Sosis – Donut yaitu permainan konsentrasi jika guru menyebut sosis maka peserta didik berbaris lurus sedangkan jika guru menyebut Donut maka peserta didik membuat lingkaran serta permainan arah angin yaitu jenis permainan misalnya jika arah angin dengan memposisikan badan sesuai arah yang diucapkan guru.

Menutup acara MPLS hari ke-8, peserta didik baru diajarkan untuk mengelola barang milik pribadi yang dibawa ke sekolah. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik belajar bertanggung jawab diri sendiri dan harus dilakukan setiap saat agar menjadi kebiasaan dan itu dimulai sejak usia dini.

Kepala SD Negeri Cigelam Ida Suherti, S. Pd mengatakan, pelaksanaan MPLS ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini Calistung ditiadakan dan diganti dengan kegiatan pembelajaran dan pengenalan lingkungan yang berupa permainan. Keterbatasan lapangan sekolah bukan halangan bagi guru-guru yang menjadi pembimbing MPLS membuat permainan semenarik mungkin sehingga peserta didik selalu bahagia. (MH/Red.)

Bagaimana Kesan Anda?

Berikan suara Anda untuk membantu kami meningkatkan pengalaman pengguna.

Sangat Buruk

Sangat Buruk (0%)

Buruk

Buruk (0%)

Cukup

Cukup (0%)

baik

Baik (0%)

Sangat baik

Sangat Baik (100%)