image

Admin Dinas Pendidikan

24 Agustus 2018

2256x Dilihat
HADIRI WORKSHOP KURIKULUM KADISDIK HARAPKAN GURU MAMPU KENALI KARAKTERISTIK SISWA

disdik.purwakartakab.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta memfasilitasi workshop penyusunan administrasi pembelajaran mata pelajaran IPS Tahun 2018/2019, di aula Kantor Cabang Bank BJB Purwakarta, Sabtu (11/08) kemarin.

Workshop tersebut diikuti oleh para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Sementara, narasumber yang memberikan paparan pada kegiatan itu adalah Drs. Aceng Kuswaya, M.Pd dan Enang Ahendi, S.Pd, M.Pd yang sama-sama merupakan praktisi pendidikan.  

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menghadiri langsung perhelatan tersebut. Di kesempatan itu, dia kembali mengingatkan hal-hal yang paling mendasar terkait proses pembelajaran.  

“Dalam proses interaksi antar guru dan murid di kelas, para guru dituntut memiliki kompetensi memahami karakteristik siswa,” ujarnya mengawali kesempatan sambutan.

Dia melanjutkan, kemampuan memahami karakteristik siswa pada akhirnya akan membuat para guru jeli melihat potensi siswanya. Dengan begitu, imbuhnya lagi, para guru akan memahami bagaimana kelebihan dan kekurangan masing-masing siswa.

Kadisdik Purwanto pun tak ketinggalan menyinggung soal konteks perubahan kurikulum. Menurutnya, perubahan kurikulum harus dilihat sebagai upaya adaptasi terhadap perkembangan zaman.

“Perubahan kurikulum diantaranya berkaitan dengan bagaimana cara pandang dan gerak guru dalam memandang masa depan, sehingga bisa terus beradaptasi dengan zaman yang terus berkembang.  Kemudian, yang tidak boleh dilupakan adalah prinsip integritas dalam proses pembelajaran. Selalu memberikan yang terbaik tanpa harus diawasi oleh orang lain. Selebihnya, para guru harus senantiasa optimis, selalu memberikan harapan yang positif kepada para siswa,” ungkapnya menyisipkan pesan.  (NC/Red)

Bagaimana Kesan Anda?

Berikan suara Anda untuk membantu kami meningkatkan pengalaman pengguna.

Sangat Buruk

Sangat Buruk (0%)

Buruk

Buruk (0%)

Cukup

Cukup (0%)

baik

Baik (0%)

Sangat baik

Sangat Baik (100%)