13 September 2022
disdik.purwakartakab.go.id--Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta bersama Self Learning Institute melaksanakan Refleksi dan Evaluasi Program Tatanen di Bale Atikan (TdBA), Selasa (13/09).
Kegiatan ini ditujukan untuk melihat secara utuh sejauhmana keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam proses transformasi pendidikan yang sedang diupayakan melalui program TdBA di Kabupaten Purwakarta.
Dalam prakteknya, kegiatan evaluasi dan refleksi yang diikuti oleh Tim Pengembang Kurilukum Sekolah Dasar dan para Pelatih TDBA ini menggunakan pendekatan Theory U, yaitu sebuah teori transformasi berbasis kesadaran yang diciptakan Oleh Otto Scharmer dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika.
Selain refleksi dan evaluasi secara anonim yang dituangkan dalam formulir elektronik, beberapa metode seperti Generatif Listening dan Ice Berg Analysis digunakan untuk dapat menyelami secara mendalam apa yang perlu disadari sebagai tantangan hari ini dan bagaimana masa depan yang ingin dicapai melalui program tatanen di bale atikan.
Diketahui, kegiatan refleksi dan evaluasi ini dinilai sangat penting untuk menyamakan kualitas niatan dan memaksimalkan potensi tertinggi dari setiap aktor perubahan yang memiliki peran penting dalam sistem untuk mensukseskan program Tatanen di Bale Atikan di Kabupaten Purwakarta. (NC/Red)