SDN Warungkadu Purwakarta: Sempitnya Lapangan Bukan Halangan Melaksanakan Upacara

Senin, 24 Jul 2023 | 15:01:55 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 474


SDN Warungkadu Purwakarta: Sempitnya Lapangan Bukan Halangan Melaksanakan Upacara
   

Purwakarta, (24/07/2023) - Kebijakan pendidikan Purwakarta, 7 Poe Atikan yang merupakan inovasi pendidikan Purwakarta yang bertujuan untuk menghasilkan generasi yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan terdapat unsur kearifan lokal didalamnya.

Di hari senin, Ajeg Nusantara adalah kegiatan peserta didik yang disenergikan dengan nilai-nilai patriotik dan kecintaan kepada Tanah Air dan Bangsa Indonesia. Salah satu yang rutin dilaksanakan pada hari Senin adalah Upacara Bendera setiap pagi dan guru membimbing siswa menyanyikan satu lagu nasional.

SDN Warungkadu yang berlokasi di Jalan Warungkadu Kecamatan Pasawahan Purwakarta melaksanakan kegiatan rutin upacara bendera termasuk di hari Senin, 26 Juli 2023. Meskipun mempunyai lahan yang lumayan luas sekitar 1068 m2 dengan jumlah peserta didik lebih dari 200 orang namun ternyata sekolah ini memiliki lapangan upacara yang tidak terlalu luas bahkan termasuk sempit untuk ukuran lapangan upacara.

Lapangan upacara yang sempit bahkan ada yang berbaris di tangga dan terhalang tiang listrik namun tidak menghalangi peserta didik sekolah yang berdiri dari tahun 1980 untuk melaksanakan Upacara Bendera sebagai wujud kecintaan pada tanah air. Mereka melaksanakan upacara hari senin dengan tertib dengan petugas upacara yang digilir antara kelas 4 hingga kelas 6. Peserta didik baru pun turut mengikuti upacara.

“Tujuan pelaksanaan upacara bendera ini adalah untuk melatih kedisiplinan dan sebagai rasa ungkapan rasa hormat kepada para pejuang yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan program 7 Poe Atikan yaitu Ajeg Nusantara salah satunya di hari Senin ini berharap bahwa siswa-siswi SDN warung kadu mempunyai rasa Patriotisme dan nasionalisme” ujar kepala SDN Warungkadu, Ibu Momoh.

Pelaksanaan Upacara bendera yang tertib di tengah keterbatasan ruang upacara menjadi bukti bahwa cinta tanah air dan patriotisme tetap bisa dilakukan termasuk oleh siswa sekolah dasar. (MH/Red.)



Senin, 24 Jul 2023, 15:01:55 WIB Oleh : Mira Habibah 478 View
Apel Senin!, Disdik Purwakarta: Tanamkan Wawasan Kebangsaan Dan Gali Potensi!
Minggu, 23 Jul 2023, 15:01:55 WIB Oleh : Mira Habibah 479 View
Seorang Pengunjung Memborong Produk TdBA di Detik-Detik Akhir Penutupan Pameran
Minggu, 23 Jul 2023, 15:01:55 WIB Oleh : Mira Habibah 918 View
Pameran Pembangunan 2023: Stand Disdik Bertemakan Digitalisasi Sekolah Berbasis Kearifan Lokal

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE