KENALKAN PARA PAHLAWAN SEBAGAI TELADAN

Kamis, 13 Des 2018 | 00:16:18 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1536


KENALKAN PARA PAHLAWAN SEBAGAI TELADAN
   

disdikpurwakartakab.go.id -- Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Begitu pesan Bung Karno. Yang bermakna agar kita tak tercerabut dari akarnya. Hingga saat ini pesan Bung Karno terus di dengungkan baik di kalangan pejabat pemerintah, masyarakat, mahasiswa hingga pelajar sekolah dasar.

Salah satu cara tak tercerabut dari sejarah bangsa adalah mengenalkan para pahlawan kepada peserta didik kita. Mereka yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sahabat Pendidikan Kita mari kit abaca kembali beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan dan meneladani para pahlawan:

Mengajak anak ke museum

Museum memberikan gambaran sejarah dengan nyata. Sisa-sisa benda bersejarah dan rilief yang dibuat lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Sehingga mereka menjadi lebih tertarik untuk mempelajari dan meneladani perjuangan para pahlawan.

Mengenalkan tokoh inspiratif

Tokoh sekaligus pahlawan Indonesia juga dikagumi oleh bangsa lain. Ayah-Bunda dapat menceritakan beberapa sosok yang bahkan namanya diabadikan menjadi nama jalan di negeri lain. Siapa saja mereka, Ayah-Bunda bisa membaca buku-buku yang bisa menjadi referensi.

Merayakan hari pahlawan

Hari Pahlawan dapat digunakan untuk dapat menyalurkan semangat para pahlawan ke dalam diri kita. Hal ini bisa ditularkan kepada anak-anak. Misalnya meneladani sikap-sikap positif yang diajarkan para pahlawan, ikut memberikan ketenteraman dan kenyamanan dalam masyarakat, menceritakan kembali kisah-kisah kepahlawanan.

 

Menjadi pahlawan tidak hanya melalui peperangan dengan musuh seperti pada zaman dulu. Bersikap sederhana, belajar dengan giat, meringankan beban orang lain adalah sebagian contoh sikap pahlawan masa kini.

Dengan begitu, anak-anak akan memahami bahwa dirinya juga dapat menjadi pahlawan dan menciptakan kebaikan untuk orang lain. Demikian, anak-anak akan tumbuh dengan kepribadian yang positif dan dapat menjadi generasi masa depan yang cemerlang. Selamat hari Pahlawan! Mari menjadi pahlawan untuk Indonesia hari ini. (NC/Red)



Jumat, 09 Nov 2018, 00:16:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 107 View
Tingkatkan Kompetensi Guru Disdik dan SD Mutiara Insani gelar workshop internasional bersama Finland
Selasa, 30 Okt 2018, 00:16:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 38 View
DISDIK PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA DENGAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA
Senin, 29 Okt 2018, 00:16:18 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 56 View
KADISDIK MOU BERSAMA STAKEHOLDERS PENDIDIKAN

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE