KADES LITERAT NAN HEBAT

Minggu, 07 Feb 2021 | 15:49:15 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 453


KADES  LITERAT NAN HEBAT
   


Oleh :  Oktavia  Rahma / IX A  SMPN 2 Plered

Namanya  Asep  Sukmanajaya. Nama yang mungkin tidak asing lagi bagi kami   warga  desa  Citarik. Saya  juga agak heran kenapa seorang Kades bisa sebegitu terkenal dikalangan warganya di desaku. Apalagi dikalangan anak-anak  dan kawula remaja, dia  sudah  dianggap seperti ayah mereka sendiri.
Lambat laun saya mengerti kenapa Pak kades tersebut begitu terkenal di kalangan warganya. Itu dikarenakan Pak Kades  tersebut sangat ramah dan mudah bergaul dengan seluruh warganya di desa Citarik ini.  Tetapi meskipun Pak Asep sangat ramah terhadap  seluruh warganya, adakalanya  beliau  sangat   tegas dan sedikit  marah  terhadap kelakuan sebagian   warganya yang tidak menaati peraturan  desanya  yakni  membuang sampah. Pernah  suatu waktu  saya melihat dia menasehati  seorang warganya  yang   membuang  sampah  sembarangan  ke  sungai. “ Anda ini!, sudah  keterlauan, membuang sampah ke sungai,  jangan kau  ulangi lagi perbuatanmu  ya  mulai sekarang!” Katanya dengan tegas. Warga yang membuang  sampah tersebut hanya terdiam mendengar ucapan  Pak  Kades tersebut. Tetapi yang hebat dari itu semua setiap warga tidak menyimpan dendam apapun setelah mereka  dinasehati oleh  Pak Kades tersebut. Tetapi mereka hanya menganggap itu sebagai profesionalisme kerja, dan setelah itu mereka semua yang telah dinasehati kembali  seperti  biasa  dan  terkadang bercanda bersama. Rumah  Pak Asep berada di belakang  kantor  desa tempat yang dekat  dengan  tempat  dia  bekerja.
Pak  Kades selalu terbiasa membawa telepon genggam (HP)  yang selalu ia bawa kemana-mana. Bahkan saya  sering melihatnya dia  sedang menulis  panjang  tentang sesuatu di memo HP  nya tersebut. Bahkan  saya  memberanikan untuk menanyakan sedang menulis apa, selalu dia bilang menulis harapan dalam  kehidupannya.

Aku sangat terkesan dengan Pak  Kades ini.  Meskipun dia bukan seorang   pendidik atau guru, dia juga sering menasehati kawula  muda yang sering berkumpul di pos kamling agar selalu giat membaca  buku. Dia adalah seorang  kepala desa  yang mempunyai jiwa mendidik. Jiwa yang mungkin banyak banyak guru belum  memilikinya. Pernah suatu ketika dia menceritakan kepada  saya  tentang mimpinya  dan saya sangat terkejut dengan mimpi yang  berisi  harapan  hidupnya  dan mungkin membuat sebagian orang tercengang mendengarnya  yakni mimpi  yang  tak  lazim dari  seorang  kepala  desa  yakni membuat  warganya   cerdas  karena  membaca  buku (literat). Di rumahnya dia menyediakan perpustakaan mini untuk para tetangganya dan yang  paling  terharu dia  mempunyai  program  desa  tahun  ini  untuk membangun   perpustakaan  di setiap  RT untuk membantu  para  warganya   semakin  rajin membaca.  Saya  sangat kagum dengan perjuangan Pak  Asep  Sukmanajaya ini, dimana biaya hidup yang semakin susah  apalagi  di masa  wabah Covid-19, dia masih bisa membantu seluruh  warganya di sekitarnya. Lebih  hebat lagi ternyata  desa  Citarik ini  mempunyai  Website desa yang  adminnya  langsung  oleh Pal Asep dimana  website  ini  berisi segala program  kegiatan desa  Citarik, kegiatan  warganya  dan  terdapat  pula  1000  buku  digital  di  Website  desa Citarik  tersebut. Luar  biasa. ! 



Rabu, 03 Feb 2021, 15:49:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 306 View
Ayo Kita Berkebun
Kamis, 28 Jan 2021, 15:49:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 431 View
BERUBAH 1% UNTUK SUKSES 100%
Selasa, 26 Jan 2021, 15:49:15 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 782 View
Mengenal Eco Enzyme ; Cairan Ajaib Pengurai Limbah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE