UJI LAYANAN PENDIDIKAN DARING LEWAT TES DIAGNOSTIK ONLINE

Rabu, 21 Jul 2021 | 14:39:43 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 321


UJI LAYANAN PENDIDIKAN DARING LEWAT TES DIAGNOSTIK ONLINE
   

 

Oleh : Erni Asmawati, M.Pd.

(Penulis adalah Guru SDN 1 Nagri Kidul, Purwakarta)

Tes diagnostik merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa. Sehingga, hasil tes tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk memberikan tindak lanjut berupa perlakuan yang tepat dan sesuai dengan kelemahan/masalah yang dimiliki siswa. 

Tes diagnostik berfungsi untuk mengidentifikasi masalah atau kesulitan yang dialami siswa dan merencanakan tindak lanjut berupa upaya-upaya pemecahan sesuai masalah atau kesulitan yang telah teridentifikasi.

Tes diagnostik di UPTD SDN 1 Nagrikidul dilaksanakan secara daring/online pada tanggal 19,21,22,23,26 s.d 29 Juli 2021, materi tes mencakup kognitif, non kognitif dan tes bakat. 

Sebelum pelaksanaan tes diagnostik, sekolah mensosialisasikan kepada orang tua dan peserta didik melalui video yang di share pada youtube SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada orang tua dan peserta didik sehingga dapat memahami tentang tes diagnostik, tujuan tes, waktu pelaksanaan, ruang lingkup materi tes dan teknis pelaksanaannya.
  

Teknis pelaksanaan tes diagnostik dengan memanfaatkan aplikasi Zoom meeting, Videocall whatApp, Googleform. Peserta didik setiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Alur tes diagnostik bapak/ibu guru walikelas mengundang peserta didik untuk mengikuti tes melalui zoom meeting. Soal tes share screen oleh bapak/Ibu guru walikelas, peserta didik menjawab di buku tulis. setelah semua soal terjawab, jawaban tes di foto kemudian dikirim ke Google Classroom.
 
Jawaban yang sudah dikirim peserta didik ke Google Classroom, di verifikasi melalui Videocall whatApp, setiap peserta didik dihubungi oleh bapak/ibu guru walikelas untuk wawancara dengan tujuan verifikasi jawaban tes dan melakukan pengembangan instrumen tes, sehingga informasi tentang peserta didik dapat diketahui secara komprehensif di awal pembelajaran.
 
Dari tes ini diharapkan bisa teridentifikasi layanan pendidikan yang tepat untuk seluruh peserta didik, khususnya di masa pandemi seperti masih berlangsung saat ini.



Rabu, 21 Jul 2021, 14:39:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 326 View
PKM UPI : Pendampingan Sekolah Menuju Kualitas Unggulan
Sabtu, 17 Jul 2021, 14:39:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 372 View
2.000 Pelajar SMP dan SMA/SMK Purwakarta di Vaksin Hari ini
Jumat, 16 Jul 2021, 14:39:43 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 304 View
Tanda Cinta Untuk Sukmara, Disdik Berikan Bantuan Renovasi Rumah

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE