SMPN 1 Campaka Gelar Kegiatan Kewirausahaan

Rabu, 01 Mar 2023 | 15:51:48 WIB - Oleh Mira Habibah | Dibaca 1066


SMPN 1 Campaka Gelar Kegiatan Kewirausahaan
   

SMP Negeri 1 Campaka yang terletak di Jalan Raya Campaka, Kabupaten Purwakarta mengadakan Kegiatan Kewirausahaan yang merupakan penguatan dari pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  dan Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut.

Kegiatan tersebut bertema “Ayo Belajar Wirausaha” yang dilaksanakan dari tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan tanggal 3 Maret 2023.

Menurut Agus Dwi Handoko, Ketua Pelaksana kegiatan Kewirausahaan, pemilihan tema Kewirausahaan karena lingkungan SMPN 1 Campaka merupakan lokasi industri dengan banyak pabrik-pabrik di sekitar lingkungan sekolah sehingga kewirausahaan dianggap cocok untuk implementasi dari kegiatan P5. Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari kurikulum merdeka karena 11 mata pelajaran bergabung dalam kegiatan ini.

Dari senin hingga jumat, siswa kelas 7 SMPN 1 Campaka melakukan kegiatan kewirausahaan. Untuk hari senin acara dimulai dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kewirausahaan dari guru IPS. Di hari selasa, sekolah mendatangkan narasumber yang merupakan praktisi kewirausahaan yaitu pengusaha konveksi dan juga pengusaha di bidang kuliner. Untuk hari Rabu, siswa belajar membuat perencanaan untuk pengadaan produk yaitu berbahan dasar singkong. Siswa diminta menyusun perencanaan termasuk langkah-langkah dan pemilihan produk yang akan dibuat dari bahan dasar singkong. Siswa merencanakan dari sisi permodalan setelah itu siswa membuat logo dari produk yang akan dibuat dalam kertas A3. Logo tersebut akan dilombakan oleh sekolah. Selain penilaian kelompok, siswa juga mendapatkan penugasan yaitu membuat logo produk yang akan dibuat dalam bentuk digital yang kemudian hasilnya dicetak untuk menjadi logo pada kemasan produk. Sedangkan di hari terakhir yaitu hari Jum’at, diadakan bazaar masing-masing kelas untuk produk yang dibuat. Konsumen dari bazaar tersebut adalah para siswa, guru, dan staf tata usaha. Setelah kegiatan selesai kemudian siswa diminta untuk membuat laporan keuangan sehingga mengetahui keuntungan maupun kerugian dalam pembuatan maupun penjualan produk karya mereka.

Kepala SMPN 1 Campaka, Bapak Drs. Agus Supriatna, M.M.Pd. mengatakan dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan siswa lebih inovatif dan bisa meneladani orang-orang sukses yang menjadi narasumber kegiatan, sehingga jejaknya kelak bisa diikuti oleh siswa tersebut. Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran berwirausaha kepada siswa-siswi bahwa mereka tidak hanya ingin menjadi karyawan pabrik tetapi juga punya keinginan serta termotivasi untuk menjadi pengusaha (MH/Red.)



Rabu, 01 Mar 2023, 15:51:48 WIB Oleh : 859 View
KONKER PGRI Kecamatan Kota Purwakarta Mendapat Perhatian Serius Purwanto
Rabu, 01 Mar 2023, 15:51:48 WIB Oleh : 664 View
RATUSAN PELAJAR SMPN 3 PURWAKARTA KUNJUNGI DPRD ADA APA?
Rabu, 01 Mar 2023, 15:51:48 WIB Oleh : Mira Habibah 5357 View
Mengenal Beberapa Program Unggulan Ramah Anak SDN Ciwangi

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE