Mantap! Vlogger Cilik Dapat Piala Kadisdik Purwakarta

Rabu, 25 Agu 2021 | 13:05:09 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi | Dibaca 1528


Mantap! Vlogger Cilik Dapat Piala Kadisdik Purwakarta
   

 

disdik.purwakartakab.go.id--Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto menyerahkan langsung hadiah untuk para juara lomba Vlog (video blog : red) kategori SD & SMP, Rabu (25/08).

Dari amatan langsung, hadiah apresiasi diserahkan langsung kepada para juara, di aula Tri Bakti - Kompleks Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta dengan format pertemuan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Di kesempatan yang sama, acara disiarkan juga langsung melalui channel youtube "Linuhung TV" yang bisa diakses terbuka oleh Publik Purwakarta. 

Dalam sambutannya, Kadisdik Purwanto mengajak semua pihak untuk tetap optimis dan semangat meskipun masih menghadapi situasi pandemi.

"Pendidikan harus terus berjalan. Sekolah harus terus menyelenggarakan layanan pendidikan," katanya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa jangan sampai situasi krisis pandemi mematikan daya kreatif, terlebih untuk para siswa.

"Siswa mesti tetap dipacu kreatifitasnya. Hal tersebut tidak lepas dari peran guru, kepala sekolah, dan tentu orang tua siswa," ungkapnya.

Lomba vlog yang digagas Disdik Purwakarta, sambung dia, dimaksudkan untuk menstimulasi kreatifitas siswa. Selebihnya, kreatifitas tersebut ditebalkan dengan nilai-nilai kesadaran lingkungan sebagai bagian implementasi kebijakan Tatanen di Bale Atikan yang di-inisiasi Disdik Purwakarta.

"Kegiatan ini ditujukan sebagai ikhtiar memacu kreatifitas siswa, lebih khusus pada konteks Literasi digital, lingkungan dan budaya. Lalu, kreatifitas tersebut diperkuat dengan nilai-nilai kesadaran lingkungan. Sehingga, siswa dalam vlog-nya  menjelaskan soal bagaimana hubungan dirinya dengan alam. Lalu, apa yang bisa dilakukan agar alam lestari?" katanya.

JUARA DARI MASING-MASING KATEGORI JENJANG

Diketahui, lomba vlog ini diikuti ratusan kontestan dari jenjang SD, SMP, SMA/Se-derajat se-Kabupaten Purwakarta. Dari  hasil panel juri yang terdiri dari tiga orang, yaitu Nurdin Cahyadi, Rudi Aliruda dan Mohammad Efrizal ditetapkan pemenang dari masing-masing jenjang :

A. Tingkat SD

Athaya Musyafa Gibran (SDN Tegalwaru) / Juara I
Akhtar Rayyan (SD Al-Manar) / Juara II
Rifka & Siti (SDN Warungjeruk) / Juara III

B. Tingkat SMP

Anisa Kartikasari (SMPN2 Wanayasa) / Juara I
Meri Andini (SMPN 1 Darangdan) / Juara II
Rafi Pasha (SMP Al-Muhajirin) / Juara III

Kadisdik Purwanto berharap lomba ini bisa   bermakna untuk para siswa. Sekurang-kurangnya, berdampak pada sisi kesadaran siswa terhadap lingkungan.

"Anak-anak yang merupakan pemegang masa depan berhak untuk bersuara, terlebih urusan lingkungan. Di waktu yang sama, kita orang dewasa yang hidup hari ini dituntut mendengar. Jangan sampai kita mewariskan lingkungan yang rusak untuk anak-anak kita," begitu pungkasnya. (Wid/NC)



Selasa, 24 Agu 2021, 13:05:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 1171 View
KPK : 318 Daerah Tetapkan Peraturan Terkait Pendidikan Anti Korupsi
Jumat, 20 Agu 2021, 13:05:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 1094 View
KADISDIK PURWANTO : PENDIDIKAN NON-FORMAL BUKAN KELAS DUA
Rabu, 18 Agu 2021, 13:05:09 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi 1404 View
SEKOLAH HARUS MERDEKA

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE