Disdik Gelar Ekspresi Puisi Pendidikan Kita

Selasa, 24 Sep 2019 | 15:51:08 WIB - Oleh Nurdin Cahyadi, S.Kom | Dibaca 1584


Disdik Gelar Ekspresi Puisi Pendidikan Kita
   

disdik.purwakartakab.go.id -- Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Sanggar Sastra Purwakarta gelar giat lomba puisi bertema "Ekspresi Puisi Pendidikan Kita", Selasa (24/09), di Aula Bale Guru Linuhung - Kompleks Dinas Pendidikan Purwakarta. 


Berdasarkan pantauan langsung di lokasi, kegiatan ini diikuti sebanyak 107 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, tenaga pendidik, Guru, TK, SD, SMP dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Sementara, bertindak sebagai juri antara lain Seli Desmiarti, Ali Novel, Ayi Kurnia Sukmasarakan (Budayawan Purwakarta). 


Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, H. Purwanto hadir langsung pada kesempatan itu sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini harus rutin diadakan setiap tahun. 


"Karena kita diwajibkan untuk melakukan segenap upaya untuk misi penguatan pendidikan karakter di semua sekolah," katanya.


Salah satu dimensi pendidikan karakter, lanjut dia, adalah olah rasa. 


"Olah rasa mungkin bisa diterjemahkan lewat membacakan puisi, membuat puisi, atau apapun itu yang bisa menggali potensi estetika potensi rasa bapak/ibu semua. Setiap hari kita mengajarkan anak-anak olahraga, olah pikir, olah rasa. Kedepan, saya berharap semangat ini menjadi semangat kita bersama menggerakan literasi di kabupaten purwakarta, menjadikan puisi itu sesuatu yang mengguncang dunia puisi yang bisa merubah wajah pendidikan kabupaten purwakarta," paparnya. 


Kadisdik Purwanto tak luput berharap bahwa kegiatan lomba puisi dapat memberikan resonansi positif terhadap perubahan perilaku warga sekolah. 


"Kepekaan yang timbul dari budaya puisi diharapkan mampu merubah perilaku warga sekolah baik para siswa, guru-guru serta semua warga pendidikan yang ada di kabupaten purwakarta," pungkasnya. (NC/Red).



Selasa, 24 Sep 2019, 15:51:08 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 2696 View
Ekspresi Puisi Pendidikan Kita
Sabtu, 08 Sep 2018, 15:51:08 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 65 View
BIDADARIKU
Sabtu, 08 Sep 2018, 15:51:08 WIB Oleh : Nurdin Cahyadi, S.Kom 134 View
HUJAN SETELAH KEMARAU

Tuliskan Komentar
INSTAGRAM TIMELINE